25 May 2016

10 Tips Menghemat Daya Baterai Android Dan Tips Perawatan Baterai Android

Baterai Android Lemah
Baterai Lemah

Sobat pasti sering kehabisan daya baterai pada saat yang penting bahkan pada saat yang tidak penting sama sekali. meskipun begitu, ini hal yang menyebalkan sekaligus bikin greget untuk nggilas hape..

Baterai yang cepat habis pastinya mengganggu dan menghambat aktivitas dalam penggunaan smartphone, apalagi di kalangan gamers yang selalu menggunakan smartphone untuk kebutuhan bermain game, pastinya akan menguras daya baterai menjadi cepat habis. oleh karena itulah banyak dari sobat kebingungan dengan bagaimana caranya untuk bisa menghemat penggunaan daya baterai pada Android. Dan karena demikian itulah saya akan memberitahukan kepada sobat beberapa cara untuk mengurangi penggunaan daya pada android.

Dan dari penjelasan diatas, saya akan memberikan beberapa cara untuk menghemat baterai.

1 Cara..? Bukan.
2 Cara..? Masih Bukan..

Tapi 10 Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Yang Cepat Habis Di Android.

Kali ini saya akan menjelaskan Indikator - indikator berikut :
  1. Penyebab daya baterai android boros.
  2. Perawatan Agar Baterai Tidak Rusak atau Drop. dan terakhir,
  3. 10 Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Android.

Dan sebelum sobat melangkah lebih jauh untuk mengetahui bagaimana cara menghemat daya baterai, alangkah baiknya jika sobat mengetahui dulu sebab - sebab mengapa baterai android cepat habis karena dengan mengetahui apa penyebab dari habisnya daya baterai, minimal sobat bisa mengurangi sedikit demi sedikit dan lebih tahu dengan apa masalahnya lebih detail lagi. dan berikut ini adalah penjabaranya.

Penyebab daya baterai android boros.

Memang banyak hal yang mempengaruhi daya baterai jadi cepat habis. seperti, penggunaan dan lainya. Faktor yang mempengaruhi Daya Baterai Cepat Habis dalam penggunaan biasanya terjadi karena Faktor Berapa lama Hape Aktif Dan berapa kali Hape Diaktifkan. Lebih jelasnya, sobat bisa mengetahuinya pada penjelasanya berikut ini :
  • Terlalu Lama Diaktifkan.
Ini sangat penting pada sebuah Smartphone Android, karena jika smartphone sobat terlalu lama dalam keadaan aktif atau layar menyala, Smartphone akan tetap berjalan menjalankan program - program aplikasi tertentu dan juga penggunaan baterai terkuras karena layar dipaksakan untuk menyala yang mengurangi daya baterai, apalagi jika sobat mengatur kecarahan atau Brightness layar yang terlalu tinggi akibatnya layar akan terlalu terang dan pengurasan daya baterai juga ikut banyak.
  • Sering Menggunakan Fitur Multimedia.
Multimedia sangat penting pada Smartphone, beberapa contoh fitur multimedia dalam Smartphone adalah Pemutar Musik, Pemutar Video, Kamera, Perekam Video, Perekam Suara, dan lainya..

sudah jelas pasti jika fitur ini mempunyai kegunaan yang dibutuhkan dalam kebutuhan - kebutuhan hiburan, yang sayangnya mengurangi daya baterai sobat  rata - rata sekitar 30% - 70%.  Karena rata - rata semua fitur tersebut menggunakan sebuah pemutar suara untuk Pemutar musik, Layar untuk Pemutar Video, Kamera untuk Pemotret dan Perekam Video, apalagi jika smartphone menggunakan fitur Flash Kamera.

Saran saya, Jangan terlalu sering menggunakan Aplikasi atau Fitur Multimedia.
  • Restart atau Menghidupkan Ulang.
Mematikan dan kemudian Menghidupkan perangkat lagi, itulah yang sering disebut dengan Restart. Restart juga sangat berpengaruh terhadap penggunaan daya baterai hal tersebut karena perangkat akan memerlukan daya untuk memulai ulang menjalankan aplikasi yang berhenti saat perangkat dimatikan. hal tersebut akan menyebabkan pengurasan daya baterai atau mengalami malfungsi.

Tidak Percaya ? sobat coba sendiri untuk Restart !.
  • Smartphone Telah Di Root (Modifikasi).
Smartphone yang telah di Root pun juga bisa mengakibatkan daya baterai smartphone terkuras tak terkontrol, apalagi jika sistem dalam smartphone sobat telah di modifikasi, seperti Custom Rom, Pemasangan Module, dan lainya.

hal ini dapat terjadi karena smartphone yang telah di root dan di mod akan dituntut untuk bekerja lebih keras lagi karena sistem bawaan sudah diganti dengan sistem yang mungkin kadang kurang tepat.
  • Baterai Rusak Atau Drop.
ini dia, masalah besar jika baterai Smartphone sobat terlalu cepat habis tanpa sebab. hal bukan karena suatu hal yang mistis, Ghoib, hantu, dan lainya. bukan.. hal ini tidak ada sangkut - pautnya dengan hal tersebut. terlalu cepat habis tanpa sebab, hal ini karena kesehatan baterai sobat. Tapi tidak usah bawa Baterai sobat ke Klinik atau Dokter, apalagi Bidan.

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Baterai Rusak atau Drop ?

Saya akan memberikan solusi yang paling efektif untuk mengatasi baterai yang Rusak atau Drop. solusinya,

Ganti Atau Beli Baterai Baru.

solusinya memang memerlukan sedikit dana, tapi saya yakin jika ini adalah solusi yang sangat tepat. karena sudah pasti jika baterai akan berjalan normal kembali seperti baru karena memang baterai baru, dan yang pasti lebih aman daripada tetap menggunakan Baterai lama yang rusak karena baterai rusak jika tetap digunakan akan cepat panas dan menular terhadap Smartphone.

Perawatan Agar Baterai Tidak Rusak atau Drop.

dan selanjutnya saya akan berikan sedikit tips dari pengalaman saya yang terbukti dan berpengalam soal baterai Kembung sampai Rusak sekalipun. Berikut ini tips agar sobat terhindar dari baterai rusak atau drop.
  •  Jangan Digunakan Saat di-Charger.
sepertinya hal ini sangat sepele sekali banget. banyak dari sobat pasti sudah mendengar jika menggunakan atau memainkan Smartphone saat di Charger akan merusak Baterai, dan tak sedikit jika tetap ada yang menggunakan dan tidak percaya jika hal ini tidak berpengaruh.

Kenapa Bisa Rusak atau Drop, Can ?

Jika sebuah baterai smartphone yang sekiranya buatan merk yang terbilang cukup kurang bagus mungkin sudah wajar jika akan mengalami kerusakan yang relatif lebih cepat dibandingkan dengan yang lain.

atau mungkin bisa juga penggunaan smartphone yang kurang benar akan mengakibatkan kerusakan pada baterai.

Namun perlu diperhatikan lagi buku petunjuk pada smartphone maupun charge, apakah boleh digunakan saat di charge. karena tidak semua smartphone tidak digunakan saat di charge.
  • Segera Charge Jika Baterai Lemah.
Hal inilah yang sering menyebabkan baterai menjadi cepat rusak dan ngedrop. tak pantas lagi, sekarang hal seperti ini selalu tidak dihiraukan oleh para pengguna Gadget. padahal kurang lebih 80% baterai akan rusak atau drop jika tidak segera di Charge ketika melewati baterai lemah.

yang menjadi patokan saat smartphone harus di charge adalah ketika kondisi baterai mendekati 20% ke bawah. sesuaikan dengan buku petunjuk smartphone.

Kenapa Hal Ini Dapat Membuat Baterai Rusak atau Gampang Drop?

Smartphone pada saat ini memang memang memiliki fitur dan kinerja yang tentunya cukup canggih. Meskipun smartphone dalam keadaan layar terkunci, mesin dan juga aplikasi - aplikasi akan tetap berjalan di latar belakang. Meski juga dalam keadaan baterai yang lemah, smartphone pun akan tetap bekerja seperti biasanya dan akan memerlukan daya untuk bekerja.

dan jika smartphone tidak kunjung di-Charge saat dalam keadaan Low Battery (Baterai Lemah), Akan mengakibatkan baterai Drop atau bahkan Rusak. Karena nilai DC turun drastis dari 3,6 volt menjadi 2 atau 1 volt. Jika dibawah 3,0 volt Baterai akan sulit untuk diisi arus lagi.
  • Terlalu Lama Men-Charge.
Hal seperti ini juga harus dihindari karena juga dapat membuat baterai rusak atau Drop. hal ini dapat terjadi karena arus yang masuk ke baterai berlebihan dan tidak dikontrol IC (Integrated Circuit), akibatnya pengeluaran daya baterai tidak stabil. kadang jika baterai penuh akan langsung cepat habis bahkan dari baterai lemah menjadi baterai penuh.

Catatan :  Men-Charge terlalu lama tidak akan merusak baterai ataupun Smartphone jika di Charge dalam keadaan mati. hal ini karena saat mati, IC akan bertanggung jawab mengatur dan mengontrol proses charge pada saat smartphone mati. jika sudah penuh, IC secara otomatis akan memutuskan arus data Charge. namun, tidak semua smartphone nemiliki IC otomatis. terutama handphone cina.
  •  Men-Charge di Mobil, Komputer, Laptop, atau Perangkat Charge Lain Yang Bukan Original.
Kerusakan pada baterai pun juga bisa terjadi jika sobat men-Charge sebuah smartphone sobat pada perangkat charge lain yang tidak original dari smartphone sobat.

Hal ini terjadi karena sebuah Charge original Smartphone diciptakan sesuai dengan spesifikasi smartphone tersebut, seperti Input dan Output. Dan jika Charge yang digunakan bukan original pasti memiliki spesifikasi yang tidak sesuai smartphone tersebut, seperti Input dan Output.

Contohnya, setiap arus yang dikeluarkan oleh masing - masing perangkat USB berbeda - beda, tapi umumnya USB Charge smartphone mengeluarkan arus 0,8 sampai 2 Ampere. dan sedangkan USB laptop hanya 0,5 Ampere saja.

Sebenarnya memang bisa digunakan untuk charge, namun hanya tidak standart untuk charge. melainkan untuk Perangkat Sinkornasi Laptop dan Smartphone.

Karena sebuah smartphone dibuat berpasangan dengan charge original yang sudah kompatibel. jadi usahakan untuk menggunakan Charge yang original atau bisa juga satu merk/tipe yang sama dengan smartphone.

Dan demikianlah kira - kira penyebab penggunaan daya baterai yang berlebihan pada perangkat Android sobat. dan dengan menghindari hal - hal di atas, sobat bisa menghemat penggunaan daya baterai.

baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dollar Dengan Aplikasi Android Grabpoint







Jadi, Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Sebenarnya ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Namun kali ini saya akan memberi sedikit patokan dasar untuk mengatasinya.
Berikut ini adalah Caranya..

10 Cara Menghemat Penggunaan Daya Baterai Android. 

1. Ketahui Dulu Detail Penggunaan Baterai.

Dengan melihat detailnya, Sobat jadi tahu apa penyebab baterai sobat jadi cepat habis dan seberapa besar penggunaan fitur terhadap konsumsi Baterai. Dengan melakukan hal tersebut, sobat pasti akan tahu fitur apa yang menghabiskan banyak daya terhadap baterai, sekaligus tahu apa saja fitur yang harus dikurangi dalam penggunaanya.

Jika perangkat sobat termasuk Samsung, sobat bisa melihat detail rincian berjalanya aplikasi yang berpengaruh terhadap penggunaan daya baterai dengan menuju Pengaturan dan ke menu Baterai. disini, sobat bisa melihat Presentase daya baterai yang tersedia dan apa fitur atau aplikasi yang paling banyak mengonsumsi daya baterai sobat. dengan mengetahui fitur atau aplikasi yang memboroskan daya baterai, sobat bisa mengurangi penggunaannya dan meminimalisir pemborosan daya baterai.

2. Nonaktifkan Fitur Yang Tak Terpakai.

Semakin canggih sebuah Hape atau Smartphone maka akan semakin bermacam - macam pula fiturnya. Dan Kesalahanya, Apakah Semua Fiturnya Dibutuhkan Setiap Saat? tentu tidak!. Pasti ada beberapa fitur yang perlu diaktifkan hanya pada saat diperlukan.

"Terus apa hubunganya fitur dengan penggunaan baterai?"

ya jelas banget jika fitur yang diaktifkan itu banyak, maka akan semakin banyak pula pengurasan daya baterai, karena sebagian besar daya baterai itu habis dikarenakan penggunaan fitur - fitur pada perangkat secara besar - besaran.

Sebaiknya Sobat Nonaktifkan (Matikan) Fitur - fitur yang tak terpakai.
misalnya : wifi, bluetooth, Paket data, dan fitur tak terpakai lainya. dengan hal tersebut fitur yang tetap berjalan akan sedikit begitu juga pengurasan daya baterai lebih minimal.

3. Atur Brightness Di Tingkat Paling Rendah.

Apa sih Brightness itu?
Brightness adalah Sebuah fitur pada gadget yang nengatur sebuah tingkatan yang berhubungan dengan seberapa cerah layar gadget ditentukan.

Fitur ini memang sering dilupakan karena menganggapnya sepele. tapi sangat fatal jika sobat melupakan fitur ini karena baterai cepat habis 40%-90% berasal dari kecerahan layar Smartphone sobat.

Saran saya sebaiknya atur tingkat kecerahan layar pada tingkat yang minimum atau setidaknya tidak terlalu terang.

4. Setel Pada Mode Diam atau Getar.

Fitur ini mempunyai fungsi agar sobat dapat menyetel profil Handphone atau Smartphone sobat dalam keadaan diam tanpa nada apapun saat ada notifikasi dari media sosial, telepon, SMS, atau yang lainya.

Misal, mengaktifkan Profil Diam & Getar saat sobat berada di sekolah. jadi sobat tidak akan terganggu dengan notifikasi atau peringatan di saat jam pelajaran sekolah sedang berlangsung.

Namun dibalik fungsinya. Fitur ini juga mempunyai kegunaan lainya. yaitu menghemat daya baterai. karena dengan mengaktifkan fitur ini Smartphone sobat tidak perlu susah payah membunyikan suara dan meeingkan pekerjaan smartphone.

Menyetel profil Smartphone menjadi Diam atau getar adalah hal yang sangat simple untuk dilakukan.

Ini adalah hal yang sering saya lakukan. biasanya saya Setel mode diam pada saat saya lagi main Hape, Dan saya Aktifkan suara pada saat saya tinggal, supaya saat saya nggak tahu ada orang lain yang tahu.

5. Aktifkan Mode Penerbangan.

Fitur ini "Mode Penerbangan" memang biasa digunakan disaat kita pergi dan menaiki pesawat terbang. mengaktifkan fitur ini saat di dalam pesawat memang bersupaya tidak mengganggu proses penerbangan dan jaringan komunikasi pesawat.

Meski sering digunakan saat di dalam pesawat,  fitur ini juga bisa digunakan walau keadaan sobat tidak berada di dalam pesawat. seperti mengaktifkanya untuk menghemat baterai.

Ini bisa dilakukan pada saat daya baterai sobat sudah sangat Kritis.dengan mengaktifkan "Mode Penerbangan", sobat bisa mematikan sistem jaringan dan tentunya bisa menghemat daya baterai.

Kadang, juga saya juga menggunakan fitur ini saat daya baterai mulai kritis. bahkan saya biasa menggunakanya meskipun keadaan baterai masih terisi banyak, hal ini biasa saya lakukan saat berpergian jauh dan tidak membawa charger. Karena supaya tidak habis di saat momen yang penting, terpaksa  saya aktifkan saja fitur ini untuk menghemat daya baterai smartphone.

hal ini memang sepele namun Kadang hal yang sepele bukan berarti bisa di remehkan begitu saja.

6. Hentikan Aplikasi Berjalan Yang tidak digunakan.
Saat sobat menjalankan sebuah aplikasi, sobat pasti pernah keluar dari progam aplikasi tersebut dengan menekan tombol home pada Smartphone. hal ini sering dilakukan saat sedang terburu - buru atau ada juga yang melakukan hal ini dengan sengaja, karena dengan alasan lebih praktis dan cepat. Dengan hal itu, aplikasi pada android akan tetap berjalan. karena dengan menutup aplikasi dengan menekan tombol "Home", hanyalah me-Minimize aplikasi tersebut. atau bisa dikatakan, hanya menutup aplikasi namun progam aplikasi tersebut tetap berjalan.

Dengan hal ini, baterai akan terkuras secara tidak terduga karena proses aplikasi tetap berjalan di latar belakang yang tidak terduga pula. Saran saya, hentikan proses aplikasi yang sedang berjalan tersebut. dengan hal itu penggunaan RAM dan daya akan lebih minimalis.

7. Jangan Gunakan Wallpaper Flash.

Pada layar Android, Background atau Latar Belakang Layar sangat bepengaruh terhadap penggunaan baterai. Terutama pada Smartphone yang menggunakan layar berjenis AMOLED. biasanya layar ini digunakan pada produk smartphone bermerek Samsung dan lainnya.

Jika smartphone menggunakan Background layar berwarna gelap akan bisa menghemat penggunaan daya baterai. dan sebaliknya. Jadi saran saya, gunakan Background ataupun wallpaper layar yang berwarna Hitam. atau bisa juga menggunakan warna yang lain asalkan berwarna gelap, seperti abu - abu dan lainya.

Dan perlu diperhatikan, jangan menggunakan background atau wallpaper yabg berbentuk Flash atau animasi atau gambar bergerak, karena dengan hal tersebut akan membuat pengurasan daya baterai semakin besar.

8. Atur Mode Penggunaan Jaringan.

Jaringan juga tak kalah pentingnya dalam penggunaannya begitu juga terhadap daya baterai. yang menjadi kesalahan dalam hal ini adalah banyak diantara sobat yang tak menghiraukan hal ini. padahal jika dipikirkan, hal ini sangat berpengaruh besar.

Saran saya, matikan paket data jika sedang tidak digunakan bersupaya mengurangi penggunaan baterai yang berlebihan dan sekaligus bisa menghemat kuota sobat. namun, Jika sobat ingin tetap menggunakan Paket data, sobat bisa mengakalinya dengan mengatur mode jaringan ke tingkat agak rendah. misalkan, atur Jaringan 3G ke Mode Jaringan 2G.

Caranya ?

Caranya cukup mudah, sobat pergi ke menu Pengaturan > Pengaturan Lainya (jaringan) >Jaringan Seluler > Mode Jaringan > Pilih 2G atau GSM.

9. Atur Kunci Otomatis Dengan Durasi Secepatnya.

Saat kunci layar otomatis pada Smartphone diaktifkan, Hal ini akan sangat membantu karena tidak perlu susah payah untuk mengunci -ngunci smartphone berkali - kali. cukup memasang timer atau durasi yang ditetapkan, Smartphone secara otomatis akan terkunci.

Namun, ada juga diantara sobat yang mengaktifkan fitur kunci otomatis dengan penyetelan durasi yang sengaja dibuat agar lama untuk kebutuhan tertentu. Dan jika sudah mengatur durasi kunci otomatis layar dengan lama akan membuat Smartphone untuk tetap terbangun dan penggunaan baterai juga akan terkuras secara berlebihan. Saran saya, atur kunci otomatis layar Smartphone dengan durasi yang Singkat.

10. Gunakan Juga Aplikasi Penghemat Baterai.
Setelah tahu penyebab dan cara mengatasinya, imbangi juga dengan menggunakan Aplikasi Penghemat Baterai untuk mendukung Smartphone agar lebih hemat baterai.

Ada banyak jenis aplikasi yang dapat digunakan untuk pendukung menghemat daya baterai Android, Namun usahakan cari yang paling populer dan dapat dipercaya fitur - fiturnya. beberapa aplikasi penghemat daya baterai, antara lain :
  • Super Battery Saver
  • Boost Battery Saver Free 
  • Droid BatterySaver
  • Battery Optimizer
  • Battery Doctor
  • Battery Save Booster
  • Avast Battery Saver

Dan itulah beberapa aplikasi penghemat daya baterai pada Android yang memiliki keunggulan serta kekurangan berbeda - beda, sobat gunakan saja salah satu aplikasi di atas yang sekiranya sangat baik menurut sobat.Saran saya, jangan gunakan aplikasi seperti ini lebih dari satu aplikasi karena hal ini malah akan menimbulkan pengurasan daya baterai lebih cepat dan memperlambat kinerja smartphone karena akan memenuhi kapasitas RAM yang tidak diinginkan.

kenapa demikian ?

Aplikasi Penghemat Baterai itu termasuk aplikasi yang berkategorikan Alat. maksudnya, aplikasi yang berkategorikan alat akan mengontrol secara penuh soal berjalanya aplikasi, dan mengatur penggunaan fitur terhadap aplikasi.

Jadi..

aplikasi berkategorikan Alat ini akan memerlukan akses penuh pengontrolan dan tentunya berjalannya aplikasi ini sangat berpengaruh terhadap pengurasan daya baterai yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini. apalagi jika ada beberapa aplikasi penghemat baterai yang mempunyai fitur Antivirus yang tentunya selalu siaga mengawasi Sistem RAM dan Penyimpanan. dan tentu saja, aplikasi akan terus aktif di latar belakang yang tentunya akan berpengaruh terhadap berkurangnya daya baterai.

Terus, Seperti Apa Aplikasi Penghemat Baterai Yang Tepat ?

Oke, aplikasi Penghemat Baterai yang tepat adalah Aplikasinya yang mengutamakan satu fitur penting sesuai "kegunaanya". maksudnya sebuah aplikasi penghemat baterai seharusnya hanya memiliki fitur utama Penghematan Baterai saja, tanpa ada fitur pendukung lain seperti Antivirus, RAM Booster, dan lainya.

Sehingga...

aplikasi yang mendukung hanya satu fitur utama sesuai kegunaanya akan sangat ringan dan tanpa harus memenuhi RAM.

baca juga : Cara Mudah dan Cepat Mendapat $1 Di Android Dengan Mintcoin

Akhiran..

 Itulah beberapa tips dari saya untuk menghemat daya baterai agar tidak cepat habis, apapun tips yang dilakukan pasti juga berpengaruh dari pemakaian si pengguna, seperti apa si pengguna menggunakan smartphone mereka dan apakah mereka menggunakan dengan baik atau tidak.

Jadi..

dasarnya adalah bagaimana kita menggunakan smartphone kita, apakah sudah benar. jangan beranggapan jika baterai smartphone yang cepat habis itu karena baterainya yang rusak, melainkan pantau dulu seberapa sering kita menggunakan smartphone kita.

jadi jangan salahkan smartphone jika baterainya cepat habis, seharusnya itu sudah di atur seberapa lama smartphone bisa bertahan dengan daya yang sudah ditentukan. misalnya, ada petunjuk jika smartphone yang bisa dipakai dan hanya bisa bertahan sampai 5 jam, setelah 5 jam baterai pasti sudah habis.

Perlu diketahui juga oleh sobat, daya baterai dapat bertahan bukan dari berapa lama sobat men-Charger, namun berapa lama proses yang sobat gunakan dalam smartphone sehingga menguras daya baterai tersebut.

Mungkin sampai disini saja yang dapat Candra share kali ini, Mohon maaf jika ada kekurangan. Dan mohon Berterima kasih jika kelebihan... hehe..

Terima kasih.

35 comments :

  1. wah, lengkap banget tips untuk menghemat baterai android nya, thanks gan

    ReplyDelete
  2. nice infonya, lengkap banget tipsnya..... perlu dipraktekin ne

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan dipraktekin sob, supaya oke.

      Delete
  3. itu tuh kebiasaan lg di charge tpi ttp di pake gk bisa di ilangin, walhasil battery jadi cepet jebol hehe, nice masbro

    ReplyDelete
  4. mantap nih, hp saya cepet habisnya ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh, kalau begitu coba tips dari saya,sob.

      Delete
  5. akhirnya nemu juga tipsnya , baterai hp saya lowbat.an sekali semoga tipnya membantu min tq :)

    ReplyDelete
  6. Tipsnya lengkap sekali.. nice info

    ReplyDelete
  7. Lengkap sudah gan informasinya.
    Terimakasih sudah mau berbagi info gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Saya juga berterima kasih sobat sudah berkunjung.

      Delete
  8. terimakasih banyak mas gan, smartphone ane juga boros nih, ane coba dulu tips nya (y)

    ReplyDelete
  9. kalau hpnya cepat panas itu knapa ya om..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena CPU atau Bagian Prossesor yang bekerja sampai Overclock atau bekerja terlalu cepat sampai melampui batas standart kecepatan CPU.

      Misalnya, kecepatan CPU standart HP sobat 1.2 GHz. Tapi kamu paksakan untuk menjalankan berbagai macam, sehingga CPU bekerja lebih cepat menjadi 1.3 GHz dari yang semula 1.2 GHz.

      Delete
  10. tipsnya sangat bermanfaat, tapi gan kyknya batre ane udh bocor deh, abis sering digunakan saat charger, ada saran gak hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diperiksakan baterainya ke Counter terdekat deh, nantinya masih sehat. kalo memang sudah bocor atau rusak ya, beli baterai baru..

      Delete
  11. Waw Itu kah cara paling ampuh untuk menghemat Batre hp

    ReplyDelete
  12. sangat membantu untuk pengguna hp android makasih info nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga berterima kasih karena sudah berkunjung dan membaca artikel saya.

      Delete
  13. mantep infonya dan lengkap juga

    ReplyDelete
  14. thanks infonya baterai ane lagi boros

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, coba praktikan tips dari saya.

      Delete
  15. owh ternyata itu penyebab nya, makasih ya gan

    ReplyDelete
  16. Terimanh banget,infonya sangat membantu sekali gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih telah berkunjung

      Delete
  17. Terimakasih infonya, sangat bermanfaat sekali

    Jangan lupa kunjungi -> http://raja-alatantrian.blogspot.co.id/ untuk anda yang mencari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap, atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  18. Lengkap banget infonya. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  19. Thx cuy kunjungi tipampuh.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, terima kasih sudah berkunjung

      Delete

Silahkan Berkomentar Yang Sesuai Dengan Kebijakan.